Ciri-Ciri Penyakit Ginjal

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal


Ciri-Ciri Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal memang tiada henti-hentinya menjadi pembicaraan banyak orang. Penyakit ini selain sudah banyak penderitanya, juga mudah sekali terjadinya. Dan tidak sedikit pula yang melepaskan hidupnya karena penyakit ini. Tapi tenang saja sobat, teknologi kedokteran yang dimiliki manusia sidah sangat maju. Tinggal kitanya yang mau untuk menggunakannya.

Untuk itu anda harus tahu beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti di bawah ini. Agar jika sewaktu-waktu hal ini terjadi pada anda atau keluarga anda, bisa dengan segera diobati. Sehingga penyakitnya ini tidak meningkat kearah yang lebih parah. Tapi semoga hal-hal seperti di bawah ini tidak akan pernah terjadi pada kita yaa...

Di sini kami lebih memfokuskan pada salah satu penyakit ginjal yang paling sering diderita oleh masyarakat dunia, yaitu penyakit batu ginjal.

Inilah 8 Ciri-Ciri Penyakit Ginjal


  • Keluar Darah Saat Kencing
Adanya darah pada cairan kencing anda bisa menjadi pertanda adanya penyakit ginjal. Ini dikarenakan batu ginjal anda sudah melukai saluran kencing anda, sehingga dari lukanya ini keluarlah darah. Biasanya kalo sudah begini, tandanya batu ginjal anda sudah besar dan berbahaya. Jadi anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Merasa Pedih Atau Kesulitan Saat Kencing
Jika anda merasa kepedihan atau merasa kesulitan saat buang air kecil, boleh jadi hal ini menjadi sebuah pertanda adanya masalah di ginjal kamu. Tapi tidak selalu Ciri-Ciri penyakit ginjal yang satu ini menandakan adanya penyakit ginjal. Jadi sebaiknya langsung anda periksakan saja ginjal anda ke dokter.

  • Sakit Punggung
Nah Ciri-Ciri penyakit ginjal yang selanjutnya adalah timbulnya nyeri pada punggung. Biasanya nyeri ini terletak di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang. Nyeri ini akan berlanjut dan menjalar ke bagian perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Hal ini dikarenakan adanya batu ginjal yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis. Nyeri ini akan terasa semakin hebat seiring bertambah besarnya ukuran batu ginjalnya.

  • Bengkak Di Sekeliling Mata, Tangan dan Kaki
Salah satu jenis penyakit ginjal kadang ada yang mengakibatkan pembengkakan di sekeliling mata, tangan ataupun kaki. Hal ini sering sekali terjadi pada penderita penyakit ginjal dikalangan kanak-kanak.

  • Sakit Perut Bawah
Sakit ini terjadi jika batu ginjalnya sudah ada di dalam kandung kemih dan menyumbat didalamnya. Dengan adanya sumbatan ini, proses pengeluaran air kemih menjadi terganggu dan akan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini terletak pada perut bagian bawah, tempat kandung kemih berada.

  • Sering Buang Air Kecil Dimalam Hari
Kondisi ini adalah salah satu reaksi dari ginjal kita yang sudah tidak optimal lagi dalam menyaring cairan tubuh, sehingga tidak bisa menahan cairan agar tetap berada di dalam tubuh. Atau malah sebaliknya sebagai reaksi penyembuhan sendiri, agar batu ginjalnya ini cepat terurai dengan banyaknya air yang mengalir.

  • Tekanan Darah Tinggi
Gejala ini menandakan kondisi ginjal anda sudah kurang mampu untuk memfilter kandungan NaCl yang terkandung dalam darah anda. Karena kandungan ini terus berada di darah dan terus bertambah akhirnya tekanan darah anda juga semakin meningkat deh.

  • Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Tambahan
Ciri-Ciri penyakit ginjal yang terakhir ini mungkin hampir setiap penyakit berat akan timbul. Seperti demam, menggigil, mual-mual, dan sering muntah.

Oke cukup sekian saja deh kedelapan Ciri-Ciri penyakit ginjal yang perlu anda ketahui. Bey...

Lihat juga: