Gagal Ginjal Kronik

Yuk Kita Jauhi Gangguan Penyakit Gagal Ginjal Kronik Dengan Beberapa Langkah Pencegahan Ini


Gagal Ginjal Kronik
Penyakit gagal ginjal kronik tidak sedikit diderita oleh masyarakat dunia. Gagal ginjal kronik bisa mengakibatkan kondisi keuangan anda hilang dengan percuma. Sudah banyak loh yang terpaksa menghabiskan uangnya untuk cuci darah setiap waktunya, bahkan setiap harinya dia akan selalu dihantui rasa sakit.

Tidak mau kan anda mengalami masalah gagal ginjal kronik ini? Kalo tidak, yuk kita cegah sedini mungkin dengan beberapa hal di bawah ini. Diharapkan dengan kedelapan cara mencegah ini ginjal kita akan selalu sehat dan kuat.

Peneliti Liliana Jimenez dari Danone Research International mengatakan, setidaknya ada delapan upaya yg perlu dilakukan tuk menjaga kesehatan ginjal.

Delapan kiat mencegah gagal ginjal kronik


  • Jaga kesehatan dan tetap beraktivitas
Beraktivitas yg dimaksudkan yakni melakukan aktivitas fisik. Aktiflah bergerak tuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda.

  • Jaga kadar gula darah tetap stabil
Penyakit diabetes adalah salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal, salah satunya gagal ginjal kronik.

  • Jaga tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yg terus meningkat selama lima tahun terakhir. Berdasarkan data dari IRR tahun 2010, tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35 persen.

  • Konsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan ideal
Makanan yg mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet juga dapat mengganggu kesehatan ginjal. Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit dr. Ciptomangunkusumo (RSCM) Parlindungan Siregar mengatakan dalam kesempatan yg sama, minuman seperti teh / kopi jika terlalu sering diminum setiap hari dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah dan sayuran yg mengandung banyak air selain juga rutin minum air putih. Bila Anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yg menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

  • Jauhi rokok
Rokok telah lama dikenal sebagai pemicu dan faktor risiko berbagai penyakit berat, termasuk penyakit gagal ginjal kronik.

  • Tak mengkonsumsi obat sembarangan
Obat kimia adalah zat asing yg dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Untuk itu disarankan agar tidak mengonsumsi obat sembarangan. "Sebaiknya setiap obat yg Anda konsumsi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter," ujar Parlindungan.

Akhir kalimat, periksa fungsi ginjal secara rutin segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko di atas.

Bentuk pemeriksaan dapat berupa pengukuran laju filtrasi glomerulus (LFG) dan adanya protein dalam urin. Dengan adanya kandungan protein ini, berarti darah anda sudah tidak lagi tersaring dengan baik oleh ginjalmu yang telah rusak.

Oke cukup sekian saja dulu deh beberapa informasi penting tentang gagal ginjal kronik di atas. Semoga bermanfaat.

Lihat juga: