Gejala Kanker Rahim

Ada sebanyak 7 Gejala Kanker Rahim Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Meminimalisir Tingkat Keparahannya


Gejala Kanker Rahim
Untuk para wanita, pengetahuan tentang kanker rahim mutlak dibutuhkan, khususnya tentang gejala kanker rahim. Dengan adanya pengetahuan akan hal ini, diharapkan diri kalian akan terbebas dari kanker rahim atau setidaknya terhindar dari kasus kanker yang parah.

Sebenarnya ada banyak sekali gejala kanker rahim yang mungkin terjadi. Pada setiap wanita mungkin akan berbeda-beda gejalanya. Tapi tenang aja, di sini kami akan memberikan beberapa gejala kanker rahim yang umum terjadi di masyarakat. Jadi kalo salah satu dari anda ada yang mengalaminya, disarankan untuk mengeceknya atau melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan secepatnya.

Pemeriksaan ini biasa dinamakan dengan Pap smear. Di negara maju, dengan efektifnya program Pap smear membuat kasus kanker rahim di negara mereka berkurang secara signifikan. Menurut ilmu kedokteran, minimal wanita yang sudah menikah harus memeriksakan kondisi rahim mereka setidaknnya 2 tahun sekali. Pemeriksaan ini sangat berguna untuk diri anda. Jadi jika kemungkinan ada bakal sel calon kanker ditemui, nantinya akan segera ditangani untuk diobati oleh yang ahlinya.

Kita kelompokkan gejala kanker rahim menjadi 2 kelompok umum, yaitu gejala kanker rahim dalam dan luar:

Gejala Kanker Rahim Dalam

  • Keputihan Abnormal
Tahu nggak keputihan abnormal yang kami maksud di sini? Keputihan abnormal yang kami maksud disini adalah keputihan yang berlebihan dan sering diikuti oleh adanya darah. Ada juga penderita yang mengeluhkan gejala kanker rahim, karena mereka mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal dan sangat berlendir. Jika anda mengalami keputihan seperti ini, tolong segera periksakan diri ke dokter kandungan terdekat.

  • Menstruasi Abnormal
Wanita yang memiliki kanker rahim biasanya akan mengalami menstruasi yang berlebihan. Darah yang keluar akan diperparah oleh keberadaan kanker ini. Dalam sebulan bisa jadi pendarahan ini sulit anda kontrol.

  • Pendarahan diluar Menstruasi
Pendarahan ini terjadi diluar saat anda sedang menstruasi, seperti: saat berhubungan intim selalu merasakan sakit dan bahkan sering disertai dengan pendarahan, saat berolahraga atau melakukan aktifitas berat tiba-tiba keluar darah padahal tidak sedang menstruasi dan bahkan jika sudah parah saat hanya melakukan aktifitas ringan pun darah bisa keluar.

  • Nyeri Buang Air Kecil
Merasa kesakitan saat buang air kecil akan dirasakan oleh seorang wanita dengan kanker rahim stadium lanjut. Hal ini terjadi dikarenakan kankernya sudah menyebar ke kandung kemih dan saluran kemihnya. Kalo sudah begini itu tandanya kewaspadaan anda mesti di tingkatkan ke tingkat gawat darurat. Aduh kata-katanya terasa lebay banget yaa...hehe...

Gejala Kanker Rahim Luar

  • Nyeri Panggul
Eit, nyeri panggul disini bukan nyeri panggul saat menstruasi, karena nyeri panggul seperti ini dikatakan normal. Nah kalo nyeri panggulnya terjadi diluar saat anda sedang mens dan terjadi selama berjam-jam, itu yang baru anda perlu waspadai. Rasa sakit ini bisa berupa nyeri yang ringan, tajam atau bahkan sangat parah.

  • Pembengkakan Paha
Saat perempuan mengalami stadium lanjut, mereka akan merasakan sakit pada bagian paha dan mungkin akan terjadi pembengkakan pada salah satu pahanya.

  • Gejala Biasa
Kalo geja-gejala yang satu ini sih biasa saja. Karena hampir semua penyakit akan menimbulkan gejala seperti ini. Jadi jangan anda jadikan tolak ukur yaa. Lalu apa saja kah gejala yang biasa ini? Yaitu: nafsu makan anda sangat berkurang, berat badan menjadi tidak stabil, dan lain sebagainya.

Nah sekarang kalian sudah tahu kan apa saja gejala kanker rahim. Jadi anda bisa lebih berhati-hati lagi terhadap penyakit ini. Gejala ini mungkin berbeda tingkat keparahannya antara satu wanita dengan yang lainnya. Itu semua tergantung dengan kondisi kanker rahimnya. Untuk stadium awal (A1) mungkin kesakitannya belum kerasa, nah baru jika sudah memasuki stadium lanjutan kalian akan merasakannya.

Proses penanganannya juga berbeda-beda untuk setiap kondisi stadium kanker rahimnya. So. semakin dini anda memeriksakan dan mengobatinya, maka akan semakin ringan pula penanganannya. Jangan sampai anda menyesal nantinya. Oke, semangat...

Lihat juga: