Penyebab Kanker Rahim

7 Penyebab Kanker Rahim Yang Perlu Kalian Ketahui Untuk Menjadi Wanita Yang Sehat dan Kuat


Penyebab Kanker Rahim
Anda tahu, apa itu kanker rahim? Jika tahu baguslah, berarti anda peduli dengan tubuh kamu sendiri. Jadi untuk yang belum tahu, yuk kita cari tahu. Tapi di sini kami hanya akan membahas tentang penyebab kanker rahim saja. Hehehe...

Penyebab kanker rahim secara umum itu disebabkan oleh berkembangbiaknya human papilloma virus (HPV) onkogenik di dalam dan sekitar organ leher rahim seorang wanita. "Wah berarti para pria terbebas dong?" "Ya pastilah, namanya juga kanker rahim, mana ada pria yang memiliki rahim".

Perlu anda ketahui yaa bahwa penyebab kanker rahim tidak ditularkan secara genetika (keturunan). Jadi jika ada seseorang diantara keluargamu yang menderita kanker rahim, anda tidak perlu terlalu khawatir. yang perlu anda lakukan adalah selalu menjauhi penyebab kanker rahim ini. Dan untuk seseorang yang semua anggota keluarganya bebas dari kanker rahim, jangan terlalu bersenang hati. Karena bisa saja, anda adalah salah satu yang akan terkena nantinya. So, anda harus selalu melindungi diri anda dari kanker ini yoo...

Di sini kita akan membedakan penyebab kanker rahim menjadi dua bagian besar, yaitu: faktor dalam dan faktor luar.

Faktor Dalam Penyebab Kanker Rahim

Faktor inilah yang sulit untuk kita hindari, yaitu faktor U (umur). Kanker rahim sering sekali terjadi pada wanita yang berumur diatas 40 tahun. Semakin berumur seorang wanita, maka akan semakin rentanlah dirinya terkena penyakit ini. Nah itulah mengapa penyebab yang satu ini saya sebut sulit untuk kita hindari. Tentu kita tidak bisa mencegah terjadinya proses penuaan bukan.

Tapi di zaman sekarang ini, kanker rahim sudah tidak lagi hanya menyerang kaum tua, wanita yang masih muda juga bisa terkena kanker ini. Coba deh anda lihat di sinetron atau film-film, ada banyak kejadian wanita muda tidak bisa mengandung atau melahirkan bayinya dan mengalami keguguran dikarenakan kanker rahim.

Faktor Luar Penyebab Kanker Rahim

Nah kalo faktor-faktor ini bisa kita hindari. Lalu apa sajakah itu? Yuk kita baca satu persatu.

  • Penyakit Menular Seksual (PMS).
Merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat. PMS yang sering kali menjadi penyebab kanker rahim adalah HIV-AIDS, penyakit HPV lain, sifilis, gonore, herpes simpleks, dan kutil kelamin.

  • Keputihan Abnormal.
Jangan anda biarkan terus menerus keputihan abnormal ini tanpa diobati. APakah anda tahu keputihan abnormal itu? Keputihan abnormal itu adalah keputihan yang tidak normal. Sedangkan keputihan normal memiliki ciri-ciri yaitu: lendir berwarna bening, tidak berbau dan tidak gatal. Jadi bila salah satu dari ketiga indikasi ini tidak terpenuhi, maka keputihan anda dikatakan tidak normal. Mudah kan...

  • Pembalut berbahaya.
Yang dinamakan pembalut berbahaya adalah pembalut yang mengandung bahan dioksin dalam bahan pembalut tersebut. Dioksin merupakan bahan pemutih kertas. Bahan ini digunakan untuk mendaur ulang kertas yang tidak terpakai untuk dipakai kembali. Pemakaian yang terus menerus terhadap pembalut ini bisa membuat alat kelamin anda teriritasi tanpa anda sadari.

  • Kebersihan kelamin.
Sebaiknya anda lihat dulu kebersihan toilet tempat anda ingin membuang air besar atau kecil. Jika terlihat kotor dan tidak terawat, sebaiknya anda hindari dan cari yang lain. Karena air di toilet yang tidak bersih banyak dihuni oleh kuman-kuman penyebab penyakit.

  • Berhubungan seksual di usia yang terlalu muda.
Faktor ini dikarenakan alat kelamin anda belum siap untuk hal ini di umur yang terlalu muda. Jika dipaksakan, boleh jadi nikmat oleh anda tetapi sel-sel kelamin anda merasa terganggu. Dan kemudian bisa jadi salah satu sel kelamin anda menjadi tak terkontrol pertumbuhannya, dan jadilah tumor atau kanker rahim.

  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
Di aturan agama saja tidak boleh. Ini berarti ada banyak hal-hal negatif yang akan terjadi jika anda melakukannya. Bukan hanya kondisi kesehatan diri anda yang terganggu, tapi kondisi sosial anda juga akan rusak.

Nah sekarang kalian sudah pada tahu kan beberapa penyebab kanker rahim ini. Jadi sekarang yang perlu anda lakukan adalah menjauhi segala hal-hal di atas dan menjalani kehidupan yang baik dan benar, yang tidak menyimpang dari aturan yang berlaku. Lebih baik anda menahan diri untuk masa depan anda, daripada menjual masa depan anda hanya untuk kesenangan sementara di usia muda ini.

Ingat loh! Cinta, kasih sayang dan kebahagian hidup di dunia dan nanti di akhirat jangan anda jual dan disia-siakan. Semangat...

Lihat juga: