Gejala Batu Ginjal

Gejala Batu Ginjal


Gejala Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang sering dialami manusia. Buktinya di Indonesia saja jumlah penderitanya sekitar 0,5% dari total jumlah penduduk Indonesia. Ini menandakan bahwa kita harus lebih tahu pengetahuan tentang batu ginjal, terutama informasi tentang gejala batu ginjal.

Jika kita tahu beberapa gejala batu ginjal, kita akan menjadi lebih waspada lagi. Sehingga jika sewaktu-waktu kita menemui sebagian besar gejalanya ini menimpa diri atau keluarga kita, bisa dengan segera kita lakukan pengobatan agar tidak semakin parah.

Inilah 6 gejala batu ginjal


  • Keluar Darah Saat Kencing
Gejala batu ginjal yang pertama dan yang paling spesifik adalah adanya darah pada cairan kencing anda. Ini dikarenakan batu ginjal anda sudah melukai saluran kencing anda, sehingga dari lukanya ini keluarlah darah. Biasanya kalo sudah begini, tandanya batu ginjal anda sudah besar dan berbahaya. Jadi anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Sakit Punggung
Nah gejala batu ginjal yang selanjutnya adalah timbulnya nyeri pada punggung. Biasanya nyeri ini terletak di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang. Nyeri ini akan berlanjut dan menjalar ke bagian perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Hal ini dikarenakan adanya batu ginjal yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis. Nyeri ini akan terasa semakin hebat seiring bertambah besarnya ukuran batu ginjalnya.

  • Sakit Perut Bawah
Sakit ini terjadi jika batu ginjalnya sudah ada di dalam kandung kemih dan menyumbat didalamnya. Dengan adanya sumbatan ini, proses pengeluaran air kemih menjadi terganggu dan akan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini terletak pada perut bagian bawah, tempat kandung kemih berada.

  • Perut menggelembung
Anda pasti sudah bisa memprediksi penyebab dari perut yang menggelembung. Ya benar sekali, hal ini dikarenakan air kemih penderita tersumbat oleh batu ginjal, baik di saluran kemih maupun di kandung kemihnya.

  • Sering Buang Air Kecil Dimalam Hari
Kondisi ini adalah salah satu reaksi dari ginjal kita yang sudah tidak optimal lagi dalam menyaring cairan tubuh, sehingga tidak bisa menahan cairan agar tetap berada di dalam tubuh. Atau malah sebaliknya sebagai reaksi penyembuhan sendiri, agar batu ginjalnya ini cepat terurai dengan banyaknya air yang mengalir.

  • Gejala Batu Ginjal Tambahan
Gejala batu ginjal yang terakhir ini mungkin hampir setiap penyakit berat akan timbul. Seperti demam, menggigil, mual-mual, dan sering muntah.

Oke cukup sekian saja deh keenam gejala penyakit jantung yang perlu anda ketahui. Bey...

Lihat juga: