JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT

Ada 8 Jenis-Jenis Penyakit Kulit Manusia Yang Keberadaannya Tidak Pernah Mati Ditelan Zaman

Jenis-Jenis Penyakit KulitJenis-Jenis Penyakit Kulit :


Kulit manusia memang sangat rentan sekali terkena penyakit dibandingkan dengan kulit yang dimiliki hewan-hewan besar. Dimana lapisan kulit kita ini tergolong tipis dan mudah terkulai (empuk) dengan keberadaan bulu rambut yang sangat jarang. Sehingga penyakit kulitnya juga ada berbagai macam jenis-jenisnya. Sebagian jenis-jenis penyakit kulit akan kita bahas di sini. Okey...


Di bawah ini adalah 6 jenis-jenis penyakit kulit yang sering kita temui pada kulit seseorang:

Jerawat

Yah jerawat, penyakit kulit ini mah sudah gak asing lagi kalee... Jerawat umumnya timbul karena adanya aktifitas hormon keremajaan yang sedang giat-giatnya berproduksi dan juga karena produksi minyak oleh kelenjar minyak yang berlebihan. Wak kalo dirincikan di sini tentang penyebab jerawat, bisa panjang sekali nih artikelnya. Lebih baik gak usah kali yee. Hehehe...

Bisul (Furunkel)

Pasti kalian tau nih, kalo kebanyakan makan telor pasti akan tumbuh bisul. Yaa betul sekali. Salah satu faktor timbulnya bisul adalah karena pola konsumsi protein hewani dan kolesterol yang berlebihan. Selain itu ada penyebab lain lagi yang sangat berpengaruh yaitu masuknya bakteri "stafilokokus aureus" ke dalam kulit kita lewat kelenjar keringat atau minyak dan folikel rambut.

Ketombe (Seboroid)

Ini dia satu lagi penyakit pasaran pada kulit kepala yang bernama ketombe. Ketombe seringnya disebabkan adanya produksi kelenjar sebase yang terletak pada kulit di antara rambut-rambut kepala secara berlebihan. Sehingga timbul gatal-gatal pada kepala dan ada banyak sisik-sisik putih bertebaran di rambut kepala.

Cacar Air (Frambusia)

Tenang aja dengan penyakit kulit yang satu ini, karena sekali kita terkena umumnya tidak akan terkena kembali. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh kita sudah bisa menangkal datangnya virus cacar air (trypanosoma) kembali. Setelah cacar sembuh pasti akan meninggalkan bekasnya, dan kalo ini terjadi ketika sudah menginjak remaja atau dewasa pasti akan terlihat memalukan. Iya kan? Jadi alangkah baiknya jika terkena cacar airnya sewaktu masih masa kanak-kanak.

Campak (Rubella)

Sama seperti penyakit frambusia, campak juga tertular dikarenakan serangan virus. Gejala awalnya seperti gejala penyakit pada umumnya seperti demam, sakit kepala, tidak nafsu makan, dan 5 L (lemah, lelah, letih, lesu, dan lunglai). Kemudian akan menimbulkan ruam merah yang semakin hari semakin membesar dan gatal.

Panu, Kadas, Kudis (Scabies), dan Kurap

Kayak iklan salep jamur aja nih. Memang benar sekali keempat penyakit kulit ini dikarenakan adanya jamur mikroskopis yang tumbuh subur di kulit kita, apalagi kalo kulitnya sering dalam keadaan lembab dan tak terawat. Jadi mudah saja sih kalo ingin terhindar dari keempat penyakit tersebut. Mau tau caranya? Yaitu dengan selalu menjaga kebersihan badan dan kulit kita setiap hari dengan minimal mandi sekali hari dengan sabun mandi antiseptik.

Udah cape nih ah ngejelasin jenis-jenis penyakit kulit-nya. Sekarang tinggal kalian saja yang disarankan bagi yang mau untuk memperdalamnya dengan membaca postingan-postinganku yang lain. Semoga sukses...

Lihat juga: