Ciri-Ciri Kanker Usus Besar

Apakah Sobat Mau Tahu Apa Saja Sih Ciri-Ciri Kanker Usus Besar Yang Sering Menimpa


Ciri-Ciri Kanker Usus Besar
Kanker usus besar adalah kanker yang terjadi di usus besar, yang merupakan salah satu bagian sistem pencernaan. Sedangkan kanker rectal adalah kanker yang terdapat pada beberapa inchi di bagian akhir usus besar. Banyak kasus kanker usus besar dimulai dengan ukuran kecil, benjolan sel jinak yang disebut adenomatous polyps atau biasa disebut polip saja. Polip ini biasanya menyebabkan kanker usus besar.

Sel-sel dinding usus besar secara teratur akan selalu membelah diri menggantkan sel-sel yang sudah mati, untuk mempertahankan dan pertumbuhan bentuk usus besarnya. Tapi kadang-kadang sel-sel ini membelah sendiri karena gangguan luar, padahal otak kita tidak memerintahkannya. Pembelahan sel ini terjadi dengan cepat diluar batas kecepatan pembelahan sel normal, dan akhirnya jadilah benjolan yang dinamakan polip. Jika tidak dilakukan perawatan medis, polip ini akan berkembang menjadi bentuk ganas, yaitu menjadi kanker.

Untuk mencegah dan meminimalisir keganasan kanker usus besar, kita harus tahu terlebih dahulu ciri-ciri kanker usus besar yang biasa terjadi pada penderitanya. Agar ketika beberapa ciri-ciri di bawah ini menimpa diri anda, anda akan langsung sadar terhadap kondisi badan anda dan memeriksakannya langsung kerumah sakit terdekat. Silahkan baca di bawah ini.

Ciri-Ciri Kanker Usus Besar


Pada awalnya, biasanya menunjukkan ciri-ciri awal yang mungkin seperti penyakit perut pada umumnya, namun ketika sel kanker sudah berkembang dan menjadi-jadi, ada beberapa ciri-ciri berat lain yang bisa timbul, yaitu:

  • Rasa nyeri pada perut
Ciri-ciri kanker usus besar yang pertama adalah adanya rasa sakit yang sangat pada perut. Rasa sakit pada awal terasa seperti sakit yang biasa, namun semakin lama rasa sakitnya seperti berbeda. Secara umum dipercaya bahwa, kanker usus dibagian kanan perut sering terasa dengan nyeri dibagian atas pusar, kanker usus dibagian kiri perut sering terasa dengan nyeri dibagian bawah pusar. Jika kanker usus besar menembus dinding usus dan menyebabkan peradangan lokal, atau perforasi yang kronis membentuk abses lokal, maka rasa nyeri akan terasa pada bagian itu sendiri.

  • Terdapat benjolan pada perut
Pada stadium awal kanker usus besar, ditandai dengan adanya benjolan pada abdomen yang bisa bergerak. Jika tidak sengaja tertekan akan menimbulkan sedikit nyeri.

  • Perubahan pada periode buang air besar
Peradangan pada usus besar menjadikan infeksi. Usus besar yang terdapat racun di dalamnya berakibat pada perubahan kebiasaan buang besar. Perubahannya bisa meningkatkan peningkatan atau penurunanan frekuensi buang air besar. Kadang kala sembelit dan kadang kala pula diare. Sakit perut ini akan sedikit mereda setelah buang air.

  • Anemia dan gejala penyerapan racun
Ciri-ciri kanker usus besar terakhir adalah anemia. Kanker membuat peradangan pada usus yang menyebabkan pendarahan. Jika pendarahan terjadi, penyeraan racun dapat terjadi yang menyebabkan anemia dan kurangnya nafsu makan.

Sebagai tambahan dan mempertegas, di bawah ini pula kamu sediakan beberapa ciri-ciri kanker usus besar lainnya, yaitu:
  1. Perubahan kebiasaan buang air besar yang meliputi frekuensi dan konsistensi buang air besar, seperti diare atau sembelit, tanpa sebab yang jelas. Dan berlangsung lebih dari enam minggu.
  2. Pendarahan pada usus besar yang ditandai dengan ditemukannya darah pada feses saat buang air besar
  3. Rasa sakit di perut atau bagian belakang
  4. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  5. Rasa lemah atau kelelahan
  6. Perut masih terasa penuh meski pun sudah buang air besar
  7. Perubahan bentuk tinja
  8. Beberapa tanda lain yang kerap menyiksa adalah rasa sakit di perut, sembelit atau susah buang air besar dan rasa kembung di perut.
  9. Sakit kuning, ascites, busung, dan metastasis ke organ hati
  10. Bisul di anus yang tidak kian sembuh, nyeri dubur

Akhirnya, cukup sekian saja deh beberapa informasi tentang ciri-ciri kanker usus besar di atas. Semoga bermanfaat dan diri kita selalu sehat yoo...

Lihat juga: