Gejala Radang Usus Besar

Inilah Salah Satu Dari Beberapa Gejala Radang Usus Besar Yang Mungkin Bisa Kamu Temui


Gejala Radang Usus Besar
Radang usus besar adalah radang yg terjadi di usus besar, yg merupakan salah satu bagian organ dalam sistem pencernaan. Sedangkan radang rectal adalah radang yg terdapat pada beberapa inchi di bagian akhir usus besar. Banyak kasus radang usus besar dimulai dari ukuran kecil, benjolan sel jinak yg disebut adenomatous polyps ato yg biasa disebut polip saja. Polip ini biasanya menyebabkan radang usus besar.

Sel-sel dinding usus besar secara teratur akan selalu membelah diri menggantkan sel-sel yg sudah mati, tuk mempertahankan dan pertumbuhan bentuk usus besarnya. Tetapi kadang-kadang sel-sel ini membelah sendiri karena gangguan luar, padahal sistem otaknya gak memerintahkannya. Pembelahan sel ini terjadi dengan cepat diluar batas kecepatan pembelahan sel normal, dan akhirnya jadilah benjolan yg dinamakan polip. Jika gak dilakukan perawatan medis, polip ini akan terus berkembang meradang membentuk radang yang cukup besar.

Untuk mencegah dan meminimalisir keganasan radang usus besar, kita harus tahu terlebih dahulu gejala radang usus besar yg biasa terjadi pada penderitanya. Agar ketika beberapa gejala di bawah ini menimpa diri anda, anda akan langsung sadar terhadap kondisi badan anda dan memeriksakannya langsung kerumah sakit terdekat. Silahkan baca informasi lengkapnya di bawah ini.

Gejala Radang Usus Besar


Gejala radang usus besar kali ini, biasanya menunjukkan gejala awal yg mungkin seperti penyakit perut pada umumnya, namun ketika sel radang sudah berkembang dan menjadi-jadi, ada beberapa gejala berat lain yg dapat timbul, yaitu:

  • Rasa nyeri pada perut
Gejala radang usus besar pertama adalah adanya rasa sakit yg sangat pada perut. Rasa sakit pada awal terasa seperti sakit yg biasa, namun semakin lama rasa sakitnya seperti berbeda. Secara umum dipercaya bahwa, radang usus dibagian kanan perut sering terasa dengan nyeri dibagian atas pusar, radang usus dibagian kiri perut sering terasa dengan nyeri dibagian bawah pusar. Jika radang usus besar sudah menembus dinding ususnya dan menyebabkan peradangan lokal, atau perforasi kronis akan membentuk abses lokal, maka rasa nyeri akan terasa pada bagian itu sendiri.

  • Terdapat benjolan pada perut
Pada stadium awal radang usus besar, ditandai dengan adanya benjolan pada abdomen yg bisa bergerak. Jika gak sengaja tertekan akan menimbulkan sedikit nyeri.

  • Perubahan pada periode buang air besar
Peradangan pada usus besar menjadikan infeksi. Usus besar yg terdapat racun di dalamnya berakibat pada perubahan kebiasaan buang air besar. Perubahannya dapat meningkatkan peningkatan atau penurunanan frekuensi buang air besar. Kadang kala sembelit atau kadang kala pula diare. Sakit perut ini akan sedikit mereda setelah buang air.

  • Anemia dan gejala penyerapan racun
Gejala radang usus besar terakhir adalah anemia. Rang yang besar membuat peradangan pada usus yg menyebabkan pendarahan. Jika pendarahan terjadi, penyeraan racun dapat terjadi yg menyebabkan anemia dan kurangnya nafsu makan.

Sebagai tambahan dan mempertegas, di bawah ini pula kami sediakan beberapa gejala radang usus besar lainnya, yaitu:
  1. Perubahan kebiasaan buang air besar yg meliputi frekuensi dan konsistensi buang air besar, seperti diare ato sembelit, tanpa sebab yg jelas. Dan berlangsung lebih dari enam minggu.
  2. Pendarahan pada usus besar yg ditandai dengan ditemukannya darah pada feses saat buang air besar
  3. Rasa sakit di perut ato bagian belakang
  4. Penurunan berat badan tanpa sebab yg jelas
  5. Rasa lemah ato kelelahan
  6. Perut masih terasa penuh meski pun sudah buang air besar
  7. Perubahan bentuk tinja
  8. Beberapa tanda lain yg kerap menyiksa adalah rasa sakit di perut, sembelit ato susah buang air besar dan rasa kembung di perut.
  9. Sakit kuning, ascites, busung, dan metastasis ke organ hati
  10. Bisul di anus yg gak kian sembuh, nyeri dubur

Akhirnya, cukup sekian saja deh beberapa informasi tentang gejala radang usus besar di atas. Semoga bermanfaat dan diri kita selalu sehat yoo...

Lihat juga: