Penyebab Radang Usus Besar

Inilah 4 Penyebab Radang Usus Besar Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Menyelamatkan Ususmu


Penyebab Radang Usus Besar
Sebenarnya sih belum jelas apa yang menjadi penyebab radang usus besar. Tetapi saat ini dokter meyakini bahwa radang usus besar terjadi ketika sel normal dalam usus besar berubah.

Sel normal usus besar tumbuh dan juga terus membelah untuk menjaga usus besarnya berfungsi secara normal. Tetapi kadang pertumbuhan sel ini menjadi gak normal. Sel ini terus membelah dengan cepat bahkan ketika otak tidak memerintahkannya. Di usus besar dan rectum, pertumbuhan sel-sel epitel yang berlebihan ini bisa menjadi sel pra-radang yang kemudian akan menjadi cikal bakal penyebab radang usus besar.

Radang usus besar paling sering dimulai berupa gumpalan polip di dalam saluran usus besar. Polip dapat berbentuk seperti jamur. Polip juga dapat tidak menonjol atau tersembunyi di dinding usus besar. Polip jenis ini lebih sulit untuk di deteksi. Pengangkatan kedua jenis polip tadi sebelum mereka menjadi radang dapat mencegah terjadinya radang usus besar.

Penyebab Radang Usus Besar


  • Makanan
Penyebab radang usus besar pertama adalah karena faktor makanan. Memang hampir semua penyakit itu berawal dari makanan yang kamu makan. Jenis makanan yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena radang usus besar adalah makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu makanan yang tidak berserat atau sedikit sekali kandungan seratnya mampu menyebabkan penyakit ini dan penyakit-penyakit lainnya.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya penyakit radang seperti ini, yuk jangan lupakan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak kandungan seratnya. Dan tekan sedikit mungkin asupan lemak kedalam tubuhmu. Kalo protein yang tinggi sih gak papa asal diimbangi dengan serat dan air putih yang cukup.

  • Faktor genetik
Faktor keturunan atau genetika pun tak kalah besar pengaruhnya pada penyakit ini. Jika salah satu dari anggota keluarga kalian pernah terkena radang usus besar, maka generasi berikutnya akan mempunyai kemungkinan lebih tinggi terkena penyakit radang ini dari rata-rata. So, bagi kamu yang merasa ada diantara keluargamu yang menderitanya, dirimu harus lebih waspada lagi terhadap makanan yang kamu konsumsi.

  • Polip
Penyebab radang usus besar selanjutnya biasanya diawali dengan kemunculan polip. Polip yang tumbuh pada dinding usus besar jika dibiarkan tanpa diobati atau diatasi akan menjadi radang yang besar. Biasanya dalam ilmu kedokteran, orang yang terdapat polip diususnya artinya dia sedang menderita penyakit poliposis adenomatosa.

  • Penyakit
Nah penyebab yang terakhir adalah karena faktor beberapa jenis penyakit seperti diare kronis, sembelit kronis, Crohn, atau kolitis ulseratif. Seorang yang menderita penyakit Crohn atau kolitis ulseratif, sangat beresiko menderita penyakit radang usus besar sebesar 30x lebih tinggi dari pada orang biasa. Orang yang sering mengalami diare atau sembelit juga harus lebih mewaspadainya.

Oke, sekian saja deh beberapa penyebab radang usus besar diatas. Semoga dengan ini diri kita bisa lebih terjaga kesehatannya. Bey...

Lihat juga: