Penyebab Usus Buntu

Inilah 2 Macam Penyebab Usus Buntu Yang Paling Banyak Ditemukan Pada Penderita Yang Dioperasi


Penyebab Usus Buntu
Mungkin anda atau salah satu dari orang terdekat anda ada yang mengalami penyakit usus buntu. Tapi mudah-mudahan aja nggak.

Usus buntu termasuk penyakit yang banyak sekali kasus kejadiannya. Kebanyakan orang yang terkena usus buntu adalah kalangan anak-anak dan remaja antara umur 10 hingga 20 tahunan. Walau tidak sedikit juga pada usus buntu menyerang orang yang sudah dewasa. Oleh karena itu di sini kita akan membahas penyebab usus buntu.

Dengan pahamnya beberapa penyebab usus buntu di bawah ini, mudah-mudahan kita busa terhindar atau bisa meminimalisir kejadiannya. Oke silahkan anda baca di bawah ini.

Penyebab Usus Buntu


  • Penyumbatan
Sisa makanan bisa terjebak di dalam lubang usus buntu. Ditemukan bahwa hanya makanan tertentu yang bisa terjebak disana, yaitu kelompok biji-bijian kecil dan kerikil atau batu kecil yang mungkin tak sengaja masuk bersama makanan yang kita konsumsi.

Biji-bijian kecil yang strukturnya sangat keras menjadi penyebab usus buntu paling sering ditemukan. Kebanyakan sih biji cabai dan dari jambu biji. Selain ukuran biji-bijian ini cukup kecil, bahan kandungan biji ini terbuat dari bahan selulosa. Selulosa adalah zat yang tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan kita.

Hanya heman pemamah biak saja yang bisa mencerna kandungan selulosa, hal ini juga dengan bantuan bakteri pembusuk. Nah kalo begitu mulai sekarang anda tekan sedikit mungkin konsumsi cabai atau sambel. Kalo bisa dalam memasak sambal atau memakannya secara mentah, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari biji-bijinya. Agak ribet sih, tapi gak terlalu susah juga kan?

  • Infeksi
Appendicitis atau usus buntu dapat juga disebabkan karena faktor infeksi, seperti infeksi virus gastrointestinal atau bakteri-bakteri.

Berbagai jenis bakteri juga dapat menjadi penyebab usus buntu. Karena adanya penumpukan kotoran di usus buntu sehingga bakteri yang ada di kotoran tersebut juga ikut-ikutan terperangkap. Sehinga lama-kelamaan mereka terus berkembangbiak semakin banyak dan semakin banyak lagi.

Bakteri bisa menyerang dengan cepat, menyebabkan usus buntu meradang dan terisi oleh nanah. Jika gak diobati secara benar, usus buntu bisa pecah.

Oke, sekian saja deh beberapa informasi yang berkaitan dengan penyebab usus buntu di atas. Sangat disarankan agar anda menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Hal ini untuh menjaga kandungan air pada kotoran anda, sehingga tidak akan terjadi penumpukan kotoran. Bey...

Lihat juga: