FUNGSI KULIT MANUSIA

Apa Aja Sih Fungsi Kulit Manusia? Nah Berikut Ini Adalah 6 Fungsi Kulit Yang Sangat Berperan Untuk Tubuh Kita

Fungsi Kulit Manusia, Pelindung dan Pembentukan Vitamin DFungsi Kulit Manusia  :

Kulit kita bagaikan benteng pertahanan terdepan bagi tubuh kita dari berbagai serangan musuh yang tidak diinginkan. Di luaran sana banyak sekali bakteri dan virus mengintai kita. Tanpa kulit mungkin kita akan seperti daging yang hidup yang siap dimangsa mereka. Oleh karena itu fungsi kulit manusia sangat fital.

Inilah Teman-Teman 6 Fungsi Kulit Manusia Yang Paling Fital:

Fungsi Kulit Manusia, Pelindung

Kulit melindungi tubuh kita dari:
  1. Gangguan yang berupa tekanan, seperti: dipukul, ditampar, tergores, terjatuh, dll
  2. Gangguan bersifat kimia, seperti: asam dan basa
  3. Gangguan biologis, seperti: bakteri, jamur dan virus
  4. Kehilangan air tubuh (dehidrasi)
  5. Sinar ultraviolet

Fungsi Kulit Manusia, Indra Peraba

Tau gak teman-teman, pada lapisan kulit bagian luar terdapat banyak sekali syaraf yang bisa menangkap berbagai jenis rangsangan baik berupa suhu dan nyeri maupun tekanan sehingga kita bisa mengetahui apa yang kita sentuh.

Fungsi Kulit Manusia, Alat Pengeluaran

Fungsi kulit manusia selain sebagai alat indra juga berfungsi sebagai alat pengeluaran loh. Kulit ini mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme (air, garam dan mineral-mineral lainnya) dalam bentuk keringat.

Fungsi Kulit Manusia, Pengatur Suhu Tubuh

apabila suhu di dalam tubuh panas maka si kulit akan mengeluarkan kelebihan panasnya, jika tidak maka kita akan sakit panas dalam. Dan apabila suhu tubuh kedinginan maka kulit ini akan mengerut untuk membatasi pengeluaran panas tubuh, jika tidak bisa-bisa kita mati kedinginan. Jangan ampe... 

Fungsi Kulit Manusia, Tempat Pembentukan Vitamin D

Provitamin D yang ada dalam kulit akan berubah menjadi vitamin D oleh keberadaan sinar matahari pagi. Mangkanya rajin senam yaa

Fungsi Kulit Manusia, Tempat Penyimpanan

Air dan terutama lemak banyak disimpan pada beberapa jaringan bawah kulit. Untuk lemak nama jaringannya adalah jaringan adipose. Semakin kita banyak makan lemak jika tidak dikeluarkan oleh tubuh maka akan semakin tebal pula kulitnya. Untuk mengatasinya perbanyaklah minum air teh, kenapa? karena zat yang ada dalam air teh ini akan mengeluarkan lemak-lemak yang ada di saluran pencernaan kita.

Semoga ingat selalu yaa fungsi kulit manusia ini...

Lihat juga: