KULIT KERING

Teman-Teman Pasti Nggak Mau Kan Kulit Kering Terjadi Pada Kulit Tubuh Kita Ini?

Nggak Mau Kan Kulit Kering Terjadi Pada Kita?
Kulit Kering:

Kulit kering slalu menjadi problema utama loh pada kulit putih kita. Itu salah satunya pertanda bahwa kulit kita sedang mengalami dehidrasi loh, karena tubuh kekurangan cairan yg tidak tergantikan oleh tubuh.

Kekeringan pada kulit membuat tampilan kulit kita tampak kusam & kurang segar. Parahnya lagi, kita akan merasa gatal & kulit menjadi kasar serta bersisik.

"Kurang minum membuat kulit menjadi dehidrasi. Efeknya kulit jadi lebih kering & tampak kusam," ujar dr. Gloria Novelita, SpKK.

Untuk mencegah kulit kering, dokter Gloria menyarankan agar menjaganya dari dalam & luar tubuh.
Mencegah kulit kering dari dalam


Mencegah kulit kering dari dalam

Perbanyaklah asupan air putih & buah-buahan yg mengandung vitamin A seperti apel, pisang, pepaya & stroberi saat sahur.

Selain itu konsumsilah buah-buahan yg mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga / kiwi yg juga bagus untuk membuat kulit lebih lembab. Asupan vitamin E juga tidak kalah penting. Tidak hanya untuk melembabkan, vitamin E berfungsi untuk menyegarkan & mengencangkan kulit. Sumber dari vitamin E bisa didapat dari jenis biji-bijian & kacang-kacangan.

Jika perawatan kulit kering dari dalam telah terpenuhi, kita juga harus merawat kulit kering dari luar.

Menurut dokter Gloria pada dasarnya kulit harus dirawat dengan menggunakan moisturizer yg digunakan pada kulit wajah / muka, serta lip balm untuk melembabkan bibir.

Jika tipe kulit kita normal cenderung berminyak, pakailah moisturizer jenis lotion. Sedangkan untuk yg memiliki kulit kering bisa memilih pelembab dalam bentuk cream.

"Pertama, melembabkan kulit dulu, karena kalau kulit kering make-up tidak akan menempel. Pakailah produk dari yg paling encer. Kalau ada spray water, semprotkan di wajah pertama kali, kemudian lotion pelembab, lalu base make-up untuk melindungi kulit kering dari makeup. Lalu pakai foundation & taburkan bedak jenis loose powder, agar make-up tidak terlalu berat. Selesai bedakan, semprot lagi dengan facial spray," urai dokter lulusan dari Universitas Indonesia itu.
bibir kering dan pecah-pecah


Masalah kulit kering lainnya adalah bibir kering & pecah-pecah. Cara mengamuflase tampilan bibir yg tidak indah tersebut adalah dengan rajin memulaskan lip balm sesering mungkin. Dokter Gloria menyarankan untuk memakai produk pelembab bibir yg sifatnya emolian, yg berbahan dasar lemak hewani.








Take it from: detik.com
Lihat juga: