KULIT

Wah Apa Itu Kulit Yaa Kalo Dilihat Secara Umumnya? Mau Tahu Teman...

Kulit

Kulit:

Tau gak teman-teman tentang apa saja yg terdapat dalam kulit kita. Kita pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan yg namanya kulit tubuh kita. Coba deh Apa yg sudah kita ketahui tentang kulit tubuh kita?

Kulit adalah lapisan jaringan yg terdapat di permukaan tubuh. Pada permukaan kulit terdapat kelenjar keringat yg mengekskresi zat-zat sisa. Zat-zat sisa yg dikeluarkan melalui pori-pori kulit berupa keringat. Keringat tersusun dari air & garam-garam mineral terutama garam dapur (NaCl) yg merupakan hasil metabolisme protein.




Bagian-bagian kulit

Kulit kita terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kulit ari (epidermis), kulit jangat (dermis), & jaringan ikat bawah kulit. Masing-masing lapisan tersusun dari beberapa lapisan yg mempunyai fungsi sendiri-sendiri.
    Bagian-bagian Kulit
  1. Kulit Ari
    Kulit
    ari / kulit epidermis adalah kulit yg paling luar & sangat tipis sekali. Kulit ari terdiri atas dua lapis, yaitu lapisan tanduk & lapisan malpighi.

    • Lapisan kulit tanduk, lapisan tanduk yaitu lapisan kulit ari yg paling luar & merupakan lapisan mati sehingga mudah mengelupas, tidak memiliki inti, & mengandung zat keratin. Lapisan kulit ini akan selalu baru, jika mengelupas tidak akan terasa sakit / mengeluarkan darah karena tidak terdapat pembuluh darah & saraf.

    • Lapisan kulit malpighi, lapisan malpighi merupakan kulit ari yg berada di bawah lapisan kulit tanduk. Lapisan kulit ini tersusun dari sel-sel hidup yg selalu membelah diri. Pada lapisan kulit ini terdapat pembuluh kapiler yg berperan untuk penyampaian nutrisi. Sel-sel yg hidup tersebut mengandung melanin.

    Apakah yg dimaksud dengan melanin? Melanin adalah pigmen sel yg mewarnai kulit & melindungi sel dari kerusakan yg disebabkan oleh sinar matahari.

    Produksi melanin akan meningkat jika terlalu banyak mendapatkan sinar matahari sehingga warna kulit akan menjadi lebih gelap. Pigmen kulit lainnya adalah keratin. Jika pigmen keratin & melanin bergabung, maka warna kulit menjadi kekuningan. Bila lapisan malpighinya tidak mengandung pigmen, maka orang tersebut dinamakan albino.

    Setiap orang memiliki pigmen yg berbeda-beda sehingga ditemukan bermacam-macam warna kulit seperti warna putih, sawo matang, kuning langsat, & hitam. Di permukaan kulit ari terdapat pori-pori yg merupakan muara kelenjar minyak & ditumbuhi oleh rambut, kecuali kulit ari yg ada di telapak tangan & kaki tidak ditumbuhi rambut.

    Kulit
    ari pada telapak tangan & kaki terdiri atas empat lapis, yaitu :
    • stratum korneum
    • stratum granulosum
    • stratum lusidum
    • stratum germinalis

  2. Kulit jangat
    Kulit
    jangat / kulit dermis merupakan lapisan kedua dari kulit. Batas dengan epidermis dilapisi oleh membrane basalis. Kulit dermis lebih tebal dari pada kulit epidermis. Kulit dermis mempunyai serabut elastik yg memungkinkan kulit merenggang pada saat orang bertambah gemuk, & kulit bergelambir pada saat orang menjadi kurus.

    Pada lapisan dalam kulit dermis akan kita temui:
    • Pembuluh kapiler, berfungsi untuk menyampaikan nutrisi pada akar rambut & sel kulit. Kelenjar keringat (glandula sudorifera)tersebar diseluruh kulit & berfungsi untuk menghasilkan keringat.
    • Kelenjar minyak (glandula sebaceae), berfungsi untuk menghasilkan minyak supaya kulit & rambut tidak kering & mengkerut.
    • Kantong rambut, memiliki akar & batang rambut serta kelenjar minyak rambut. Pada saat dingin & rasa takut, rambut yg ada di tubuh kita terasa berdiri. Hal ini disebabkan karena didekat akar rambut terdapat otot polos yg berfungsi menegakkan rambut.
    • Kumpulan saraf, terdiri dari beberapa saraf rasa nyeri, saraf rasa panas, saraf rasa dingin, & saraf sentuhan.

  3. Jaringan ikat bawah kulit
    Jaringan ikat bawah kulit berada di bawah dermis. Jaringan ini tidak memiliki pembatas yg jelas dengan dermis, sebagai patokannya adalah mulainya terdapat sel lemak. Pada lapisan kulit ini banyak terdapat lemak.

    Apa fungsi dari lapisan lemak kulit tersebut? Lapisan lemak berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap benturan, menahan panas tubuh, & sebagai sumber energi cadangan.

Fungsi KulitFungsi kulit

Kita telah mengenal bagian-bagian dari kulit. Tahukah kita apa fungsi dari kulit?

Selain sebagai tempat pengeluaran, kulit juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, tempat pembentukan vitamin D dari provitamin D, tempat menyimpan kelebihan lemak, sebagai pelindung, & indera peraba.

  • Alat pengeluaran
    Kulit
    sebagai alat pengeluaran zat sisa metabolisme berupa keringat yg mengandung air & garam serta sisa bahan lainnya.

  • Pengatur suhu tubuh
    Pada waktu tubuh dalam keadaan panas, pembuluh darah akan melebar & mengeluarkan panas ke udara, & air banyak dikeluarkan dalam bentuk keringat. Demikian suhu tubuh akan turun. Cara pelepasan panas dari kulit bisa juga terjadi dengan pengaliran panas dari benda yg disentuh, misalnya menyentuh pakaian.

    Jika tubuh dalam keadaan dingin, pembuluh darah akan mengerut, & kelenjar keringat tidak mengeluarkan keringat. Hal ini terjadi karena untuk mengurangi pengeluaran panas dari tubuh. Untuk mengimbangi keadaan ini, alat ekskresi yg berperan dalam keadaan dingin adalah ginjal, sehingga kita sering merasa ingin buang air kecil pada waktu dingin.

  • Tempat pembentukan vitamin D
    Di dalam kulit terdapat provitamin D yg dapat diubah menjadi vitamin D dengan bantuan sinar ultraviolet matahari pada waktu pagi hari. Vitamin D sangat penting untuk pembentukan tulang.

  • Tempat penyimpanan
    Kulit &
    jaringan bagian bawah bekerja sebagai tempat penyimpanan air. Jaringan adipose di bawah kulit sebagai tempat penyimpanan lemak. Cadangan lemak dapat dibakar sehingga menghasilkan panas & energi untuk mengatasi udara dingin. Untuk itulah, biasanya orang yg memiliki banyak lemak / orang gemuk lebih tahan dengan udara dingin.

  • Pelindung
    Kulit
    melindungi tubuh dari gangguan fisik berupa tekanan, & gangguan yg bersifat kimia. Selain itu, kulit juga melindungi tubuh dari gangguan yg bersifat biologis, seperti serangan bakteri & jamur.

    Kulit
    juga menjaga tubuh supaya tidak kehilangan banyak air & melindungi tubuh dari sinar ultraviolet.

  • Indera peraba
    Pada lapisan kulit dermis terdapat kumpulan saraf yg bisa menangkap rangsangan berupa suhu, nyeri, & tekanan. Rangsangan tersebut akan disampaikan dari kulit ke otak sebagai pusat informasi sehingga kita dapat mengetahui apa yg kita sentuh.

Take it from: artikelbiologi.com
Lihat juga: