FUNGSI KULIT

Inilah Berbagai Macam Fungsi Kulit yang Perlu Kita Ketahui Sebagai Ilmu Pengetahuan

Fungsi Kulit Cantik Kita
Fungsi Kulit:

Teman-teman pasti telah mengenal bagian-bagian apa saja dari kulit kita ini. Sekarang Tahukah teman apa fungsi kulit itu?

Selain sebagai tempat pengeluaran, fungsi kulit juga sebagai pengatur suhu tubuh, tempat pembentukan vitamin D dari provitamin D, tempat menyimpan kelebihan lemak, sebagai pelindung, & indera peraba.



Fungsi kulit sebagai alat pengeluaran

Fungsi kulit sebagai alat pengeluaran zat sisa metabolisme berupa keringat yg mengandung air & garam serta sisa bahan lainnya.

Fungsi kulit sebagai pengatur suhu tubuh

Pada waktu tubuh dalam keadaan panas, pembuluh darah akan melebar &  mengeluarkan panas ke udara, & air banyak dikeluarkan dalam bentuk keringat. Demikian suhu tubuh akan turun. Cara pelepasan panas dari kulit bisa juga terjadi dengan pengaliran panas dari benda yg disentuh, misalnya menyentuh pakaian.

Jika tubuh dalam keadaan dingin, pembuluh darah akan mengerut, & kelenjar keringat tidak mengeluarkan keringat. Hal ini terjadi karena untuk mengurangi pengeluaran panas dari tubuh. Untuk mengimbangi keadaan ini, alat ekskresi yg berperan dalam keadaan dingin adalah ginjal, sehingga kita sering merasa ingin buang air kecil pada waktu dingin.

Fungsi kulit sebagai tempat pembentukan vitamin DFungsi kulit sebagai tempat pembentukan vitamin D

Di dalam kulit terdapat provitamin D yg dapat diubah menjadi vitamin D dengan bantuan sinar ultraviolet matahari pada waktu pagi hari. Vitamin D sangat penting untuk pembentukan tulang.

Fungsi kulit sebagai tempat penyimpanan

Fungsi kulit & jaringan bagian bawah bekerja sebagai tempat penyimpanan air. Jaringan adipose di bawah kulit sebagai tempat penyimpanan lemak. Cadangan lemak dapat dibakar sehingga menghasilkan panas & energi untuk mengatasi udara dingin. Untuk itulah, biasanya orang yg memiliki banyak lemak / orang gemuk lebih tahan dengan udara dingin.

Fungsi kulit sebagai pelindung

Fungsi kulit melindungi tubuh dari gangguan fisik berupa tekanan, & gangguan yg bersifat kimia. Selain itu, fungsi kulit juga melindungi tubuh dari gangguan yg bersifat biologis, seperti serangan bakteri & jamur.
Fungsi kulit
juga menjaga tubuh supaya tidak kehilangan banyak air & melindungi tubuh dari sinar ultraviolet.
Fungsi kulit sebagai indera peraba

Fungsi kulit sebagai indera peraba

Pada lapisan kulit dermis terdapat kumpulan saraf yg bisa menangkap rangsangan berupa suhu, nyeri, & tekanan. Rangsangan tersebut akan disampaikan dari kulit ke otak sebagai pusat informasi sehingga kita dapat mengetahui apa yg kita sentuh.



Take it from: artikelbiologi.com
Lihat Juga:

KULIT KERING

Teman-Teman Pasti Nggak Mau Kan Kulit Kering Terjadi Pada Kulit Tubuh Kita Ini?

Nggak Mau Kan Kulit Kering Terjadi Pada Kita?
Kulit Kering:

Kulit kering slalu menjadi problema utama loh pada kulit putih kita. Itu salah satunya pertanda bahwa kulit kita sedang mengalami dehidrasi loh, karena tubuh kekurangan cairan yg tidak tergantikan oleh tubuh.

Kekeringan pada kulit membuat tampilan kulit kita tampak kusam & kurang segar. Parahnya lagi, kita akan merasa gatal & kulit menjadi kasar serta bersisik.

"Kurang minum membuat kulit menjadi dehidrasi. Efeknya kulit jadi lebih kering & tampak kusam," ujar dr. Gloria Novelita, SpKK.

Untuk mencegah kulit kering, dokter Gloria menyarankan agar menjaganya dari dalam & luar tubuh.
Mencegah kulit kering dari dalam


Mencegah kulit kering dari dalam

Perbanyaklah asupan air putih & buah-buahan yg mengandung vitamin A seperti apel, pisang, pepaya & stroberi saat sahur.

Selain itu konsumsilah buah-buahan yg mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga / kiwi yg juga bagus untuk membuat kulit lebih lembab. Asupan vitamin E juga tidak kalah penting. Tidak hanya untuk melembabkan, vitamin E berfungsi untuk menyegarkan & mengencangkan kulit. Sumber dari vitamin E bisa didapat dari jenis biji-bijian & kacang-kacangan.

Jika perawatan kulit kering dari dalam telah terpenuhi, kita juga harus merawat kulit kering dari luar.

Menurut dokter Gloria pada dasarnya kulit harus dirawat dengan menggunakan moisturizer yg digunakan pada kulit wajah / muka, serta lip balm untuk melembabkan bibir.

Jika tipe kulit kita normal cenderung berminyak, pakailah moisturizer jenis lotion. Sedangkan untuk yg memiliki kulit kering bisa memilih pelembab dalam bentuk cream.

"Pertama, melembabkan kulit dulu, karena kalau kulit kering make-up tidak akan menempel. Pakailah produk dari yg paling encer. Kalau ada spray water, semprotkan di wajah pertama kali, kemudian lotion pelembab, lalu base make-up untuk melindungi kulit kering dari makeup. Lalu pakai foundation & taburkan bedak jenis loose powder, agar make-up tidak terlalu berat. Selesai bedakan, semprot lagi dengan facial spray," urai dokter lulusan dari Universitas Indonesia itu.
bibir kering dan pecah-pecah


Masalah kulit kering lainnya adalah bibir kering & pecah-pecah. Cara mengamuflase tampilan bibir yg tidak indah tersebut adalah dengan rajin memulaskan lip balm sesering mungkin. Dokter Gloria menyarankan untuk memakai produk pelembab bibir yg sifatnya emolian, yg berbahan dasar lemak hewani.








Take it from: detik.com
Lihat juga: