BAGIAN KULIT

Ada Tiga Bagian Kulit Manusia Yang Ketiganya Ini Bersatu Membentuk Suatu Sistem Berupa Indra Peraba Dan Pengeluaran

Bagian KulitBagian Kulit :

Kulit kita tanpa adanya salah satu dari 3 bagian kulit akan rapuh dan tidak mempunyai arti. Jadi harus ketiga-tiganya ada. Mau tau ketiga bagian kulit ini? Oke deh, inilah bagian-bagian kulit manusia:

Bagian Kulit Ari (Epidermis)

Bagia kulit ini terletak paling luar dan tipis banget. Bagian kulit ari terbagi menjadi 2 lapisan, yaitu:
  • Lapisan Tanduk
    Lapisan yang berisi sel-sel yang tidak hidup dan berada paling luar serta sering mengelupas. Lapisan ini begitu kelihatan ketika kulit kita kekeringan. Jika digaruk bekasnya putih bukan?
  • Lapisan Malpighi
    Lapisan inilah yang mebuat kulit kita berwarna, apakah putih, hitam, sawo matang ataupun kuning langsat. Kok bisa begitu? Karena sel-sel pada bagian kulit tersebut mengandung pigmen melanin dan keratin. Pigmen melanin menentukan kulit kita putih atau hitam, sedangkan pigmen keratin membuat kulit berwarna kekuning-kuningan. Kasihan sekali orang albino, kulit mereka gak punya yang namanya kedua pigmen ini.

Bagian Kulit Jangat (Dermis)

Bagian Kulit
Pada bagian kulit dermis terdapat beberapa komponen, yaitu:
  • Kelenjar Keringat
    Bekerja sebagai alat ekskresi atau alat pembuangan zat sisa metabolisme berupa keringat.
  • Kelenjar Minyak
    Berfungsi menghasilkan minyak untuk menjaga kelembapan kulit. Tapi terkadang produksinya ini berlebihan atau boros sehingga perlu kita bersihkan agar gak muncul jerawat.
  • Pembuluh Kapiler Darah
    Untuk menutrisi sel-sel kulit dan rambut
  • Kumpulan Syaraf
    Terdiri atas syaraf rasa panas, dingin, nyeri dan sentuhan
  • Kantong Rambut
    Di bagian kulit ini terdapat akar, batang dan kelenjar minyak rambut. Tergantung jenis orang dan suhunya. Umumnya jenis orang yang berasal dari daerah dingin kantong kulitnya akan menyempit, jadinya pertumbuhan rambut (bulu rambutnya) jadi tertekan. Beda halnya dengan yang berasal dari daerah yang panas, pori-pori dan kantong rambutnya lebar-lebar sehingga kelihatan banyak buluan deh.

Bagian Kulit Bawah Berupa Jaringan Ikat (Hipodermis)

Pada bagian kulit bawah terdapat jaringan adipose yang fungsinya untuk menimbun kelebihan lemak yang kita konsumsi. Lemak juga ada gunanya loh, yaitu sebagai sumber energi cadangan jika sewaktu-waktu kita gak punya uang untuk membeli makanan, yah gak jauh beda dengan fungsi tabungan deeh...

Cukup segitu aja deh bagian kulit yang perlu teman-teman ketahui :p

Lihat juga: