MANFAAT KULIT PISANG

Inilah Fakta-Fakta Unik Tentang Manfaat Kulit Pisang Yang Mungkin Kita Belum Menyadarinya

Manfaat Kulit PisangManfaat Kulit Pisang :


Eit, jangan salah loh tentang kulit pisang ini. Walaupun sampai sekarang kulit pisang masih dianggap sebagai sampah tak berguna. Padahal ada beberapa manfaat kulit pisang tersembunyi karena kandungan zatnya yang khas lain dari yang lain.


Berikut ini sebanyak tujuh macam manfaat kulit pisang unik:

Mengkilapkan sepatu

Daripada beli semir sepatu lebih enak beli pisang. Selain dagingnya bisa kita makan, kulit pisangnya pun bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan sepatu kulit "kalo sepatu cats sih gak bakalan mengkilap-kilap".

Menghilangkan kerutan wajah

Untuk kulitnya yang sudah termakan usia biasanya timbul garis kerutan pada wajahnya. Jangan khawatir, kalo di rumah cuma tersedia kulit pisang bisa kita manfaatkan loh sebagai bahan masker perawatan wajah. Cara sederhananya tinggal diblender aja trus adonannya ditempelkan deh ke seluruh kulit wajah kita.

Untuk perawatan tanaman hias

Selain bisa menyemir sepatu berbahan kulit, manfaat kulit pisang juga bisa untuk menyemir daun-daun dan batang tanaman hias. Biasanya daun dan batang tanaman hias kita yang tidak dirawat akan berubah warna menjadi kusam karena terganggu oleh debu-debu udara di sekitarnya.

Menyembuhkan luka

Dengan kandungan antioksidan pada kulit pisang, jadi manfaat kulit pisang juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka.

Mengusir kutil

Cara mengobati melepas kutil yang menempel di kulit kita adalah sebagai berikut:
  1. sediakan kulit pisang seukuran besar kutilnya
  2. Tempelkan bersama plester
  3. Setidaknya tunggu selama 10 hari
  4. Dan jreng-jreng, biasanya kutilnya jadi gampang terlepas deh

Mengobati gatal-gatal

Gatal-gatal di sini bukan karena penyakit berat yaa. Tapi hanya gatal karena terkena gigitan serangga atau terkena ulat bulu lah yang bisa disembuhkan dengan kulit pisang.

Mengurangi sakit kepala

Nah manfaat kulit pisang yang terakhir adalah untuk meredam kepala yang terasa pusing berdenyut-denyut. Caranya seperti kita sedang mengkompres kepala saat demam. Jadi tinggal di tempelkan saja adonan beberapa helai kulit pisang yang sudah ditumbuk di dahi kita, jangan lupa untuk bersabar menunggu khasiatnya bisa didapat.

Unik-unik kan manfaat kulit pisang di atas? Maka dari itu yuk biasakan untuk memanfaatkan barang yang sepele di sekitar kita. Oke...

Lihat juga: