ALERGI KULIT

Mau Terbebas Dari Penyakit Alergi Kulit? Yuk Kita Coba Terapi Sistem Kekebalan Tubuh, Tapi Muahal Buanged Ongkosnya

Alergi KulitAlergi Kulit :

Apa Itu Alergi Kulit

Alergi kulit tidak akan menular, tetapi hanya bisa diturunkan kepada anak kita nantinya. Alergi kulit sebenarnya hanyalah masalah antibodi kita yang kurang tanggap (kurang cepat bereaksi) dengan adanya protein asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Karena kelambatannya ini, kulit kita jadinya harus mengalami gatal-gatal dan kemerah-merahan terlebih dahulu.

Macam-Macam Alergi Kulit

  • Alergi Kulit, Sengatan Serangga
    Penderita alergi ini jika habis digigit atau disengat oleh serangga, maka kulitnya langsung akan gatal-gatal. Seringnya sih oleh "bisa" lebah dan semut api. Alurnya berarti dari "bisa" trus ke darah dan menyebar ke kulit.
  • Alergi Kulit, Makanan
    Sehabis memakan salah satu makanan seperti: ikan, udang dan kerang, penderita alergi kulit akan langsung gatal-gatal kulitnya. Alurnya dari makanan trus dicerna, kemudian salah satu protein asingnya menyebar ke-seluruh tubuh kita termasuk ke kulit dan jadilah alergi kulit.
  • Alergi Kulit, Bulu Hewan / Produk Kosmetik
    Kalo ini cepat banget kejadiannya dan tanpa sepengetahuan kita, tiba-tiba saja setelah kulit kita tersentuh bulu hewan atau terolesi salah satu produk kosmetik yang memiliki zat tertentu, kulit kita akan menampakkan gejala alergi kulit berupa gatal-gatal dan memerah.

Penyebab Alergi Kulit

Di sekitaran kita ada beberapa macam zat pemicu alergi kulit tergantung dari susunan genetika kulitnya masing-masing. Inilah beberapa penyebab alergi kulit:
  • Serbuk Sari Dari Bunga
    Ini dia penyebab paling sering orang-orang menderita alergi, yaitu sekitar 70%. Penderitanya jadi sering bersin-bersin loh. Untungnya sebelum serbuk sari ini menyentuh kulit kita, hidung kita sudah terlebih dahulu bersin-bersin. So kalo udah sering bersin, jangan terus didekati yoo bunganya takut nanti malah kita jadi terkena alergi kulit.
  • Spora Jamur
    Pada musim hujan di negara kita atau musim gugur di luar negeri sana, spora-spora jamur banyak beterbangan diudara. Jika spora ini terhirup oleh penderita alergi, akan menyebabkan asma yang cukup parah.
  • Hewan Peliharaan
    Banyak loh teman-teman ceweku yang kulitnya ini sangat sensitif banget. Terkena sedikit saja dengan bulu atau air liur atau air seni salah satu hewan peliharaan, mereka langsung terkena alergi kulit.
  • Makanan
    Makanan yang sering menyebabkan alergi kulit antara lain: susu murni, cokelat, telur ayam, ikan laut maupun ikan air tawar (terutama jenis udang-udangan), dan kacang-kacangan.
  • Obat-Obatan
    Pewarna makanan, pengawet makanan, beberapa produk kosmetik dan parfum juga bisa menimbulkan alergi kulit loh.
  • Kutu Debu
    Kutu debu banyak terdapat di atas karpet kita, bantal dan juga kasur. Bukan hewannya lah yang menyebabkan alergi kulit, tapi kotoran yang dikeluarkannya lah yang biasa menyerang pemilik kulit yang hipersensitif.

Pengobatan Alergi Kulit

Pada beberapa orang alergi kulit ini akan sembuh sendiri setelah sistem imunitas mereka bekerja dengan baik dan cepat refleknya. Sedangkan untuk beberapa orang lainnya alergi kulit sangat sulit disembuhkan, mungkin karena sistem kekebalan tubuhnya gak berkembang-kembang.

Oleh karena itu mereka butuh yang dinamakan "Terapi Desensitisasi". Terapi ini mendorong antibodi kita berkembang sedikit demi sedikit dengan cara memberikan dosis salah satu protein penyebab alergi kulit pada kulit kita sedikit demi sedikit pula. Biasanya kulit kita akan bereaksi seperti kita terkena alergi kulit. Setelah merasa sudah bisa beradaptasi maka dosisnya akan ditambah dan ditambah lagi sampai antibodi kita dirasa sudah cukup kuat untuk melawan protein asing ini dalam jumlah banyak. Sebelum itu mesti kita sediakan terlebih dahulu jumlah uang yang tidak sedikit loh.

Jika kita punya salah satu dari jenis alergi kulit, yuk sebisa mungkin kita hindari bahkan kalo bisa kita obati. Kita gak mau kan kalo nantinya anak-anak kita menderita alergi kulit sama seperti kita.

Lihat juga: