PENYAKIT KULIT EKSIM

Mau Tau Proses Terjadinya Penyakit Kulit Eksim, Jenis-Jenisnya, Pengobatannya Dan Juga Perawatannya?

Penyakit Kulit EksimPenyakit Kulit Eksim :

Penyakit kulit eksim adalah semacam penyakit kulit yang menyerang seseorang dengan tipe kulit kering atau kulit sensitif, dikarenakan jenis kulit ini tidak bisa mempertahankan kandungan air dan juga kelembaban kulitnya.

Proses Terjadinya

Kulit kering atau kulit sensitif mudah sekali menjadi kering dan pecah-pecah. Indikasi tipe kulit ini kalau tidak dirawat dengan benar, kulit bagian luar sebagai pelindung seringkali mengelupas. Sehingga pori-pori kulitnya terbuka lebar dan lapisan kulit dalamnya menjadi rentan terhadap lingkungan luar.

Kuman-kuman dan bakteri-bakteri yang beterbangan di udara menempel di kulit tersebut dan menimbulkan rasa gatal. Jangan digaruk! Karena kalo sampai digaruk, bakteri yang menempel jadi lebih leluasa masuk ke bagian kulit kita lebih dalam lagi lewat pori-pori kulit. Dan akhirnya terjadilah penyakit kulit eksim.

Jadi sebenarnya penyakit kulit eksim tidak menular sama sekali. Karena yang menjadi penyebabnya bukanlah bakterinya tapi tipe kulit dan perawatannya lah yang berpengaruh. Bagi pemilik tipe kulit seperti di atas, semakin dia melupakan perawatan kulitnya maka akan semakin rentan pula terkena penyakit ini.

Tambahan bahwa penularan penyakit kulit eksim juga bukan lewat keturunan. Yang diturunkan dari orang tua ke anaknya hanyalah tipe atau jenis kulitnya saja, apakah kulit kering, sensitif, berminyak atau gabungan. Pokoknya kulit eksim dikarenakan oleh tidak terawatnya kulit mereka.

Jenis-Jenisnya

  • Penyakit kulit eksim basah
    Ciri-cirinya adalah kulit yang terkena penyakit ini akan terlihat memerah seperti melepuh dengan kondisi basah dan timbul bintil-bintil berisi air atau kalo sudah kronis akan berisi nanah
  • Penyakit kulit eksim kering
    Kulitnya akan berubah menjadi bersisik kasar seperti mengeropeng dengan warna kemerah-merahan dan kondisi kulitnya sangat kering.

Pengobatan

Untuk mengobati penyakit kulit eksim ada dua cara, yaitu dengan obat-obatan kimia atau dengan obat-obatan alami. Kalo obat kimia sekarang ini mah udah nggak asing lagi karena hampir di semua apotek-apotek menjual obat untuk kulit eksim, baik berupa salep (obat luar) maupun berupa kapsul (obat dalam).

Sedangkan dengan obat alami, salah satunya dengan cara seperi di bawah ini:
  1. Sediakan 10 gram kunyit, 3 gram kapur sirih dan 10 gram juga lengkuas
  2. Parut kunyit dan lengkuas hingga harus
  3. Taburkan kapur sirih pada adonan kunyit dan lengkuas
  4. Tempelkan ramuan ini di seluruh permukaan kulit yang terkena eksim
  5. Terakhir dibalut deh dan tunggu beberapa hari hingga kulitnya sembuh dengan ciri-ciri sudah tidak terasa gatal lagi
Ada satu lagi bahan alami yaitu dengan temulawak. Cara menyembuhkan penyakit kulit eksim dengan temulawak ini adalah dengan meminum sari atau ekstrak bahan ini secara teratur. Malah sekarang ini sudah banyak kok produk seduhan temulawak di warung-warung.

Perawatan

  1. Hindari makanan yang pedas-pedas
  2. Jauhi minuman beralkohol
  3. Perbanyak mengkonsumsi makanan berprotein nabati dan sayur-sayuran, seperti tempe, tahu, tomat dan bayam
  4. Pakai lotion pelembab kulit yang bersifat antiinflamasi
  5. Kurangi makanan daging, ikan laut terutama udang-udangan
  6. Jangan memakai produk-produk kosmetik dan obat-obatan dengan bahan berbahaya
  7. Terakhir adalah hindari segala macam sesuatu yang dapat menimbulkan alergi kulit
Oke deh cukup sekian saja postingan "penyakit kulit eksim" dari kami. Semoga informasinya bermanfaat yoo...

Lihat juga: