GATAL PADA KULIT

Penyebab-Penyebab Terjadinya Gatal Pada Kulit Dan Cara Pengobatannya Dengan Bahan Alami

Gatal Pada Kulit
Gatal Pada Kulit :


Tau gak teman-teman kenapa terjadi gatal pada kulit kita? Gatal adalah reaksi kulit terhadap ancaman dari luar atau bisa merupakan salah satu gejala dari suatu penyakit.


Ada banyak sekali yang membuat kulit terasa gatal. Terutama untuk seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif dan alergi. Terkena sedikit saja faktor pembuat gatal maka seketika itu juga kulitnya akan terasa gatal-gatal bahkan ada yang sampai berwarna kemerah-merahan.



Lalu apa saja faktor-faktor penyebabnya? Di bawah ini setidaknya ada delapan jenis penyebab terjadinya gatal pada kulit manusia:
  • Terkena gigitan serangga atau hewan lainnya
    Tidak sedikit serangga-serangga memiliki racun untuk senjata mereka mempertahankan diri. Tapi kebanyakan sih jumlah racun yang dikeluarkan hanyalah sedikit dengan kualitas yang juga tidak akan mematikan manusia. Racun yang mereka gigitkan pada kulit kita cuma membuat gatal pada kulit di sekitar daerah gigitannya.
  • Melewati ilalang atau jenis rumput yang lain
    Nah kalo ini hampir semua rerumputan mengandung zat penyebab gatal pada kulit manusia. Maka kalo kalian ingin berpetualang di alam bebas disarankan memakai celana panjang, baju lengan panjang dan juga sepatu serta tak lupa memakai lotion anti gatal.
  • Tersentuh jenis daun gatal
    Beberapa tanaman memiliki daun yang bersifat gatal karena kandungan zat tertentu di seluruh permukaan luar daunnya. Contohnya seperti daun pulus, tersentuh sedikit saja sudah bisa dipastikan kulit kita akan menjadi gatal berbintil-bintil kecil.
  • Bersentuhan dengan ulat bulu
    Kejadian ini sering menimpa anak-anak yang sering bermain di kebun. Ulat memiliki bulu beracun berguna sebagai alat pertahanannya dari gangguan luar dikarenakan tubuhnya yang sangat lemah dan rentan.
  • Memakai kosmetik yang tidak cocok atau yang berbahaya
    Kalo ini yang sering mengalaminya sih adalah kaum remaja. Biasanya mereka mencoba sana sini kosmetik yang cocok untuk perawatan kulitnya. Tapi sayangnya dalam proses pencariannya mereka terkadang memakai bahan kosmetik yang tidak cocok dengan tipe kulitnya, bahkan ada pula yang sampai memakai kosmetik berbahan berbahaya. Gatal-gatal pada kulit yang timbul adalah pertanda bahwa kulit kita tidak menerimanya, maka dari itu kalo sudah sekali dipakai kerasa gatal jangan dipakai lagi dan harap diganti dengan yang lainnya.
  • Terkena bahan kimia
    Bagi yang bekerja di laboratorium harap berhati-hati dengan bahan kimia berat, yang nantinya bisa mengakibatkan kerusakan jaringan kulit. Mungkin Anda yang selalu berurusan dengan bahan kimia tersebut lebih tahu lagi akan kensekuensinya berhadapan dengan bahan kimia tersebut.
  • Berbagai macam penyakit kulit
    Hampir semua jenis penyakit kulit memiliki gejala gatal pada kulit. Jadi sudah nggak aneh lagi kan...
  • Alergi kulit
    Yang terakhir adalah karena alergi kulit terutama yang juga memiliki kulit sensitif. Ketika dia terkena atau memakan sesuatu yang membuat mereka alergi, salah satu gejala yang timbul adalah gatal pada kulit mereka. Oleh karena itu bagi yang memiliki alergi harap berhati-hati lagi menjaga dirinya.

Sekarang kita bahas yuk tentang bahan alami untuk pengobatan gatal pada kulit. Inilah salah satunya:
  • Bawang merah, sebagai obat iritasi kulit
    Bawang merah dikenal mengandung kandungan antibiotik alami, malah ternyata khasiatnya lebih cepat dan lebih bagus dengan tanpa efek samping (cuma bau saja kok) dari pada cream bahan kimia. Sebelum digunakan bakar terlebih dahulu bawang merahnya baru kemudian di ulek (dihaluskan). Campurkan dengan minyak zaitun tetapi kalo tidak ada bisa juga kok menggunakan minyak kelapa. Baru setelah itu dioleskan ke seluruh permukaan kulit yang gatal.
  • Minyak zaitun dan lidah buaya, sebagai peredam rasa nyeri dan perawatan kulit
    Dalam dunia perawatan kulit kedua bahan ini memang sudah tidak asing lagi didengar. Bahan ini bisa memperkecil dampak dari berbagai penyakit kulit. Dan sangat dianjurkan jika sudah sembuh dari salah satu jenis penyakit kulit, harap gunakan minyak zaitun atau daun lidah buaya untuk perawatannya.
  • Baking powder, bahan aktif anti bakteri
    Perhatian, gunakan bahan ini hanya untuk penyakit kulit yang sudah cukup berat. Dikarenakan baking powder seperti obat keras untuk pembunuh bakteri yang kalo pemakaiannya berlebihan bisa mengakibatkan efek samping pada kulit kita.
Oke cukup sekian saja dulu deh informasi tetnang gatal pada kulit ini. Semoga kita terhindar dari masalah tersebut yoo...

Lihat juga: