MACAM PENYAKIT KULIT

5 Macam Penyakit Kulit Dengan Pengkategorian Secara Umum Berdasarkan Sumber Penyebabnya

Macam Penyakit KulitMacam Penyakit Kulit :

Munculnya berbagai macam penyakit kulit akan sangat mengganggu aktiftas kita sehari-hari. Oleh karena itu pencegahan terhadap penyakit kulit ini sangatlah disarankan oleh ahli kulit dunia. Bukan kah mencegal lebih baik daripada mengobati?

Sebagai bahan pengetahuan kita untuk mencegah terjadinya beberapa macam penyakit kulit, kita harus mengetahui terlebih dahulu sumber penyebab yang dapat menimbulkannya. Di sini kita kelompokkan ada 5 penyebab terjadinya penyakit kulit:

Kanker Kulit

Semua kanker itu disebabkan karena adanya sel-sel atau jaringan tubuh yang bekerja dan tumbuh tak terkendali. Sebetulnya sih banyak sekali penyebab sel tubuh manusia menjadi tak terkendali, salah satunya adalah: karena stress yang berlebihan, terkena paparan radiasi sinar ultra violet yang terlalu sering, tersentuh zat kimia berbahaya, dan pola hidup, makan beserta makanannya yang tidak sehat.
Contohnya seperti kanker kulit melanoma

Gangguan Inflamasi

Efek yang terlihat karena gangguan inflamasi umumnya seperti: warna kulit menjadi kemerah-merahan seperti melepuh, terjadi pembengkakan sampai meradang, timbulnya lesi beserta plak, dan yang terakhir terdapat bintil-bintil air yang terasa sangat gatal. Penyakit kulit karena inflamasi seperti: jerawat, eksim (dermatitis) dan psoriasis.

Infeksi Jamur

Beberapa jamur mikroskopis ada yang bisa menginfeksi kulit kita. Seperti biasa jamur-jamur ini bisa bertahan hidup dengan memakan bahan-bahan organik yang sudah mati, kalo di kulit yang mereka konsumsi adalah sel-sel kulit ari yang terkelupas dan mati. Selanjutnya jamur ini akan menyebar meluas dengan cepatnya apalagi kalo kulitnya sering dalam keadaan lembab.
Infeksi jamur bisa menyebabkan: panu, kadas, kudis dan kurap

Bakteri Kulit

Nama bakteri yang sering menjangkiti kulit manusia bernama "staphylococci". Dan masih banyak lagi nama-nama bakteri yang lainnya yang menyerang kulit kita.
Setidaknya ada dua macam penyakit kulit karena bakteri, yaitu: bisul (furunkel) dan impetigo

Virus Kulit

Macam penyakit kulit yang satu ini sebetulnya sih bisa dicegah dengan imunisasi. Tapi berhubung kadang ada yang mengalami kegagalan jadinya penyakit ini jadi tak terhindari. Biasanya menimbulkan gejala pendahuluan, yaitu demam (panas-dingin). Awas jenis penyakit kulit ini terbilang sangat menular. Jadi hati-hati yaa kalo ingin bertemu dengan penderitanya. Salah satu penyakit kulitnya adalah: campak, cacar air dan herpes

Cukup sampai di sini saja deh informasi tentang macam penyakit kulit berdasarkan penyebabnya dari kami. Yang penting sih dari itu semua adalah masalah kebersihan dan perawatan kulit kita. Dan semoga bisa bermanfaat yoo...

Lihat juga: