KANDUNGAN KULIT MANGGIS

Keutamaan Salah Satu Senyawa Dalam Kandungan Kulit Manggis Dibandingkan Jenis Buah Lainnya

Kandungan Kulit ManggisKandungan Kulit Manggis :

Baru-baru ini khasiat kulit manggis untuk mengobati berbagai jenis penyakit sedang gembar-gembornya dibicarakan, terutama di dunia online sekarang ini.


Kenapa kulit manggis ini begitu spesialnya, sehingga bisa menyita perhatian banyak orang. Kuncinya hanya satu yaitu ada salah satu jenis kandungan kulit manggis yang gunanya sangat luar biasa untuk kesehatan manusia.


Tau enggak nama senyawa tersebut? Kalo gak tau, namanya adalah senyawa "xanthone". Xanthone terdiri dari beberapa zat yang terkumpul yaitu:
  1. 3-isomangoestein
  2. Alpha mangostin
  3. Gamma-mangostin
  4. Garcinone A, B, C, D dan E
  5. Maclurin, dan
  6. Mangostenol
Kandungan kulit manggis berupa xanthone tersebut ternyata memiliki kadar ORAC paling tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang sudah dikenal manusia, yaitu sebanyak 17.000 sampai 20.000 orac dalam 100 ounce kulit manggis kering. ORAC adalah oxygen radical absorbance capacity atau Kemampuan menyerap atau menguraikan radikal-radikal bebas pembuat gangguan tubuh (kalo di besi mah namanya karat). ORAC juga biasa dipanggil dengan sebutan antioksidan.

Coba deh kalo bandingkan jumlah orac pada buah-buahan lainnya. Seperti wortel hanya memiliki sejumlah 300 orac / 100 ounce, sedangkan buah jeruk juga hanya mengandung tak lebih dari 2.400 orac / 100 ounce. Jauh banget kan bedanya??

Secara garis besar manfaat dari senyawa xanthone dalam kandungan kulit manggis adalah untuk menangkal berbagai acam radikal bebas yang masuk ke tubuh kita yang bisa menjadi sumber penyakit. Sedangkan secara khususnya, manfaat kandungan kulit manggis ini adalah sebagai berikut:
  1. Antiinflamasi
  2. Antiaging
  3. Antilelah
  4. Antiparkinson
  5. Antialzhemir
  6. Antialergi
dan masih banyak khasiatnya sebagai anti-anti lainnya.

Sekarang udah pada tau kan, alasan buah ini begitu populer. Malah dalam dunia kedokteran dan farmasi, karena kandungan kulit manggis begitu bagus untuk dijadikan ramuan obat herbal, maka tak salah kalo buah manggis ini dijuluki dengan "ratunya segala buah-buahan" atau bahasa inggrisnya "queen of fruits".

Cukup sampai di sini saja deh informasi tentang kandungan kulit manggis dari kami. Semoga selalu bermanfaat yoo...

Lihat juga: